Keluargaku adalah Motivasi, Inspirasi, dan Semangat hidupku

06 Maret 2011

Menggunakan Fungsi CountIF

Tutorial ini saya buat ketika temen saya dapat proyek,, ketika itu dia nanya ke saya,,mas ngitung honor mingguan buat karyawan yang sedikit gimana sihh??saya di sodorin pertanyaan kaya gtu..saya jawab..hadohh saya juga belum pernah..sambil garok2 kepala..clinguk sana clinguk sini..hehe..saya jadi mikir nihhh...gimana caranya ya..setelah saya pikir2..saya ga kehilangan akal, saya coba nanya2 ke temen sebelah namanya si A, sy langsung bilang aja ke si A, boss punya buku tentang excel ga..??pikir saya sambil belajar juga nih..hehe..setelah saya nanya ke temen..ternyata ada..hihi..setelah sy dpt minjem buku saya dapat bonus minjem yaitu sekalian CD yang di dalamnya ada Filenya hehe..lumayan juga ya.., sambil buka2 buku tersebut ehh..ternyata fungsi2 buat ngitung ada juga di buku tersebut..emang ya, kalau kita mau bersaha ilmu tu ga kemana,ehh..jd kelamaan nih ngomong sana-sini..hehe
hayu ahh kita mulai saja langkah2nya..pertama-tama buka dulu program ms excel sampean..ikuti langkah berikut, pertama sampean buat tabel dulu dan sekalian di isi seperti di bawah ini :

gambar 1

Keterangan : X = MASUK dan tanda minus - = TIDAK MASUK
Seperti yang anda liat gambar di atas, di bawah JUMLAH HADIR
Untuk menghitungnya tulislah rumus di bawah kolom jumlah hadir berikut ini :
=CountIF(
Tentukan range dari senin-sabtu =CountIF(D7:17;”X”) Tekan ENTER
Dan hasilnya akan terlihat pada gambar di bawah ini :
gambar 2


Perhatikan gambar excel di bawah ini, di bawah kolom UANG HONOR ini adalah hasil perkalian jumlah hadir di kali HONOR HARIAN.
Untuk menghitungnya tulis rumus berikut ini :
=J7*D4 dan Tekan F4 Untuk menjadikan Cell Absolute
gambar 3

Pada waktu menekan F4 maka akan berubah seperti gambar di bawah ini :
gambar 4

Setelah itu tekan ENTER maka akan terlihat gambar seperti di bawah ini :
gambar 5

Untuk menghitung jumlah absen caranya sama dengan jumlah hadir pada sesi pertama
Seperti yang anda liat gambar di atas, di bawah jumlah absen
Untuk menghitungnya tulislah rumus di bawah kolom jumlah hadir berikut ini :
=CountIF(
Tentukan range dari senin-sabtu =CountIF(D7:17;”X”)
Perhatikan gambar di bawah ini :
gambar 6

Selanjutnya Tekan ENTER maka akan terlihat seperti di bawah ini :
gambar 7

Pada langkah di bawah ini dekatkan pointer mouse pada angka 4 di bawah JUMLAH HADIR drag and rol ke bawah Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini :
gambar 8

Pada langkah selanjutnya di bawah ini dekatkan pointer mouse pada angka 80.000 di bawah HONOR UANG drag and rol ke bawah Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini :
gambar 9

Pada langkah terahir di bawah ini dekatkan pointer mouse pada angka 2 di bawah JUMLAH ABSEN drag and rol ke bawah Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini :
gambar 10

untuk mengembangkanya samapean cari sendiri ya..gimana caranya ngitung honor bulanan..
mungkin karna waktu saya kadang sibuk dengan kerjaan,,ga bisa posting di blog ini lebih banyak,sebenarnya sih banyak fungsi2 yang lain..kapan-kapan di lanjut lagi kalo pas waktu saya senggang..mudah2an bermanfaat bagi sampean yg lagi membutuhkan..

catatan : Mohon maaf bagi yang matanya kurang jelask klik saja gambarnya biar lebih gede.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting